SMP Methodist

SMP Methodist yang pada tahun ini berulang tahun yang ke-30, mulai berdiri sejak tahun 1972, pada saat itu terdiri dari Kelas 1 SMP dengan jumlah siswa 18 orang. Dengan pimpinan Tuhan Yesus Kristus, sekarang ini kami diberi tanggung jawab untuk membimbing siswa dengan jumlah 272 orang yang terdiri dari 9 kelas yaitu kelas VII, VIII, IX masing-masing 3 kelas parallel.

Untuk mencapai komitmen kami dalam meningkatkan mutu dan pelayanan, secara berkala SMP Methodist megadakan program pembinaan dan pelatihan bagi tenaga pendidik di SMP Methodist mampu meningkatkan kualitas diri dan menerapkan metode pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), multimedia dan e-learning.

SMP Methodist dengan “input” yang beragam mampu menghasilkan lulusan “output” yang membanggakan. Hal ini dibuktikan dengan prestasi akademik para siswa setiap Ujian Nasional (UN) selalu lulus 100%. SMP Methodist membina dan membimbing siswa dalam mendapatkan “hasil” yang memuaskan melalui kompetensi “proses” yang diadakan sejak jenjang kelas VII hingga IX.

Sesuai dengan Misi Sekolah Methodist, yaitu meningkatkan iman kerohanian siswa, maka SMP Methodist melaksanakan pembinaan kerohanian dan kurikulum berkarakter untuk setiap mata pelajaran. SMP Methodist menyediakan wadah dalam meningkatkan kerohanian siswa seperti Kelompok Kecil, KKR, Character Building, Retreat siswa, kebaktian bersama setiap minggu, serta renungan pagi yang dilaksanakan sebelum proses belajar mengajar. Dengan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut, kami berharap para siswa SMP Methodist tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan namun juga dibekali dengan karakter dan sikap iman yang teguh kepada Tuhan Yesus Kristus.

Dalam menunjang kegiatan akademik SMP Methodist mengadakan kegiatan pengembangan diri dan mengasah kemampuan daya kreativitas siswa seperti kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat secara positif antara lain Seni Musik, Basket, Futsal, Badminton, Modern Dance, Melukis, English Club, Computer Graphic dan Junior Chef.

Dalam rangka memperkaya wawasan siswa siswi, SMP Methodist juga mengadakan program study tour secara rutin, salah satunya adalah mengunjungi situs sius bersejarah dan juga pusat kesenian dan kerajinan tangan pusat kesenian dan kerajinan tangan di daerah istimewa Jogjakarta dan sekitarnya. SMP Methodist juga berpartisipasi dalam event internasional seperti Root Seeking Summer Camp 2010 di China.