SD Methodist

SD Methodist diberntuk pada tahun 1978 dengan tujuan untuk menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak TK Methodist untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. SD Methodist saat ini memiliki jumlah murid sekitar 500 orang dari 14 kelas.

SD Methodist merupakan salah satu SD unggulan di Jakarta utara dengan selalu mendapat peringkat 5 besar dari sekitar 80 sekolah dasar di Jakarta Utara. SD Methodist juga unggul khususnya dalam bidang studi bahasa inggris, Mandarin dan paduan suara. Selama lima tahun terkhir ini SD Methodist mengalami perkembangan yang pesat dari segi kualitas yaitu dengan adanya pelajaran matematika dan IPA dalam bahasa inggris (Math and Science), pelajaran computer untuk semua kelas, kelas pembetukan karakter, dan intrakulikuler musik.

Selain menekankan kepada ilmu pengetahuan, SD Methodist juga memperhatikan perkembangan kerohanian dari setiap anak didiknya. Setiap tahunnya diadakan retreat untuk anak-anak kelas lima dan enam, acara Happy Day untuk semua kelas, kebaktian kebangunan rohani, dan renungan pagi setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menciptakan pribadi bermutu daamn ilmu dan juga dalam iman.

Kegiatan belajar mengajar selain dilakukan di dalam kelas, juga dilakukan dengan metode pengamatan dan praktik di lapangan. Beberapa kali SD Methodist mengunjungu Museum Batik untuk melihat secara lansung proses pembuatan batik dan anak-anak diajar untuk mencoba membatik sendiri. SD Methodist juga pernah mengunjungi Bandar udara, pabrik faber castle dan pasir mukti. Di Pasir Mukti anak-anak SD belajar bagaimana menanam padi di sawah, melihat dan membajak sawah, serta memetik buah lansung dari pohonnya. Dalam hal ini anak diajarkan juga untuk melakukan apa yang mereka pelajari dan bukan hanya menghafal. Penyampaian bahan pelajaran juga dilakukan dengan cara yang bervariasi, salah satunya melalui pemutaran film.